Home » Berita » Meretas Masa Depan, Pelatihan Pasca UN 2016

Alamat dan Kontak

(0291) 4256194
Senin - Sabtu 07.00 - 14.00

Meretas Masa Depan, Pelatihan Pasca UN 2016

Menjadi terdidik adalah sebuah keniscayaan, karena pendidikan adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi untuk setiap insan. Ia menjadi pemandu kehidupan menuju jalan terang, juga sebagai alat perjuangan untuk meniti kehidupan. Menjadi terdidik memiliki konsekwensi menjadi insan cerdas, dan berperadaban. Insan yang menjadi pencerah bagi kehidupan orang lain, insan yang memiliki kekuatan moral yang kuat, bersemangat membangun masyarakat, jujur, kreatif, atau dalam bahasa singkat sering disebut sebagai insan yang berkarakter.
Menurut Hornby dan Parnwell (1972:49), karakter secara harafiah berarti “kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi. Sedangkan menurut M. Furqon Hidayatullah (2010:13), karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang menjadi pendorong atau penggerak, serta yang membedakan dengan individu lain. Seseorang dapat dikatakan berkarakter ketika orang tersebut telah berhasil menyerap nilai dan keyakinan yang dikehendaki masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya.

Kegiatan Pasca UN
Kesadaran untuk membangun karakter peserta didik menjadi insan terdidik, sekaligus pembelajar sepanjang hayat (life along education) SMA Negeri 1 Welahan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berorientasi membangun karakter dalam kegiatan pasca UN, serangkaian kegiatan yang menjadi tradisi di SMA Negeri 1 Welahan di setiap tahun, setelah UN usai terselenggara.
Kegiatan pasca UN diselenggarakan untuk memberi bekal kecakapan hidup dalam kehidupan sehari-hari, muaranya adalah memberikan kesadaran kepada peserta didik kelas XII akan perlunya memiliki keterampilan/kecakapan yang memadai guna mengarungi kehidupan riil setelah mereka lulus kelak.
Kegiatan kecakapan hidup yang diselenggarakan di akhir tahun pembelajaran kelas XII tahun ini menyangkut tiga jenis kecakapan hidup, yaitu keterampilan kreasi kuliner, handycraft, dan servis hape.

Kreasi kuliner
Memasak, kata sederhana bahkan ada yang menyebut terlampau bersahaja. Namun, siapa yang tidak menyadari bahwa kata bersahaja ini menyimpan prospek yang sangat menggiurkan bagi siapa saja yang berani mengambil risiko menekuninya secara bersungguh-sungguh. Kebutuhan akan bahan makanan yang lezat, sehat, dan cepat tersaji menjadi tuntutan masyarakat pada saat ini. kesibukan bekerja tak lagi menyediakan kesempatan ruang dan waktu untuk berkreasi mengolah sendiri, sehingga semakin terbuka peluang usaha, dan pangsa pasar yang cukup untuk memasuki dunia kerja ini.
Tahun ini, bekerjasama dengan tenaga terampil Putri Wahyuni binti Moh. Bisri mahasiswa semester VI Prodi Tata Boga UNNES, kegiatan keterampilan kuliner diisi dengan keterampilan membuat kue donat bakar, risoles, dan kurma coklat.
Keterampilan ini diselenggarakan mulai tanggal

Handycraft
Membuat cindera mata sederhana, dan memiliki tingkat kreasi beragam menjadi pilihan program kecakapan hidup tahun ini. pilihannya jatuh pada keterampilan kreasi fiberglass, dipandu oleh praktisi fiberglass dari Magelang, Roniawan acara berlansung seru, interaktif dan menyenangkan, karena peserta didik terangsang untuk membuat variasi beragam.
Kegiatan ini terselenggara dalam 2 (dua) hari, tanggal 26 dan 27 April 2016. Kegiatan yang diharapkan memberi ruang kesadaran peserta didik bahwa dari hal paling sederhana bisa digunakan sebagai bekal kecakapan hidup yang berguna.

Servis Hape
Hape semakin lama menjadi kebutuhan yang tak terelakkan, tak sekadar sebagai alat komunikasi. Lebih dari itu, ia menjadi aksesori, gaya hidup, sarana usaha, teman bermain. Begitu beragamnya fungsi berakibat semakin banyak pengguna, bahkan satu orang bisa memiliki hape lebih dari satu.
Peluang kerja di bidang perhapeanpun semakin tumbuh, satu di antaranya jasa perbaikan atau servis hape. Untuk itu, SMAN 1 Welahan  lewat kegiatan pasca UN menyadarkan peserta didik akan perlunya memiliki keterampilan servis hape, keterampilan dihelat pada tanggal 3 Mei 2016 dalam bentuk servis dan troubleshooting. Setidaknya bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri, dan jika diperdalam dan ditekuni sungguh-sungguh bisa digunakan untuk menjaring rejeki. Insya Allah.


1 Komentar

  1. semoga kegiatannya dapat bermanfaat dengan baik.

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>