Home » Berita » Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Welahan Ikuti MPLS

Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Welahan Ikuti MPLS

mpls2018Tahun ajaran baru telah tiba bagi yang sedang menempuh pendidikan sekolah. Bagi yang telah dinyatakan lulus di kelasnya akan segera memasuki jenjang kelas diatasnya. Begitupun dengan peserta didik yang telah lulus dari sekolah menegah pertama akan menjadi peserta didik baru menjadi peserta didik sekolah menengah atas sehingga memulai masa pendidikan di sekolah yang baru.

Sudah menjadi tradisi bagi hampir setiap sekolah di Indonesia, terutama SMA, untuk mengadakan suatu masa pengenalan bagi peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik yang baru masuk tersebut mudah beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru di sekolahnya. Karena itu diadakanlah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan nama lain dari MOS (Masa Orientasi Sekolah) tetapi sesuai kebijakan yang baru dari Menteri yaitu Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, Perbedaan MPLS dengan MOS antara lain yaitu MPLS diselenggarakan oleh Guru bukan kakak kelas, kegiatan bersifat edukatif dan kreatif, peserta didik baru memakai seragam dan atribut resmi dari sekolah bukan menggunakan atribut yang tidak masuk akal, kegiatan hanya diadakan di lingkungan sekolah ketika jam pelajaran selama 3 hari.

Kebijakan MPLS ini dilandasi karena ada banyaknya laporan dari masyrakat yang mengatakan bahwa kegiatan MOS di sekolah-sekolah selalu diwarnai dengan tindakan kekerasan, bully, pelecehan, yang dilakukan oleh kakak kelas atau seniornya. Oleh karena itu sekarang dikoordinir dan dilakukan oleh guru tanpa ada campur tangan dari senior atau kakak kelas.

SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara menyelenggarakan kegiatan MPLS yang diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah pengisian materi oleh guru tentang kebijakan tata tertib sekolah, wawasan wiyata mandala, pendidikan karakter dan etika bermedia sosial, program dan cara belajar. Selain guru penyampaian materi juga disampaikan oleh Polsek/ Koramil yaitu materi bela Negara (bahaya narkoba). Hal yang juga penting untuk disampaikan adalah materi pengenalan program kerja OSIS dan pengembangan bakat minat olahraga dan seni sebagai upaya untuk mengenali potensi diri siswa baru.

Selain itu peserta didik baru juga diajak bersosialisasi dengan berbagai kegiatan rutin yang sudah dilakukan di SMA Negeri 1 Welahan seperti kegiatan peningkatan iman dan shalat dzuhur berjamaah dan membaca Asmaul Husna dan mengaji Al-Qur’an sebelum pembelajaran dimulai.
Kegiatan tersebut diharapkan siswa baru dapat lebih mengenal warga sekolah (Kepala sekolah, guru tata usaha, penjaga sekolah), serta lingkungan sekolahnya dengan baik. Sehingga peserta didik baru nantinya dapat dengan cepat beradaptasi dan belajar dengan optimal di lingkungan SMA Negeri 1 Welahan.

MPLS dilaksanakan selama 3 hari, dari hari Senin sampai hari Rabu (16 Juli-18 Juli 2018). Pada hari kedua berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah SMA Negeri 1 Welahan mendemonstrasikan kemampuannya dihadapan peserta didik baru. Ada beberapa ekstrakulikuler yang menampilkan kemampuannya seperti Pramuka, PMR, Paskibra dan seni.

Cara ini untuk menjaring minat dan bakat siswa baru terhadap ekstrakulikuler. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesan yang mendalam kepada peserta didik baru bahwa belajar di sekolah yang baru adalah menyenangkan.


Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>