Home » Berita » SMA Negeri 1 Welahan raih Best Poster Geografi Championship VII

SMA Negeri 1 Welahan raih Best Poster Geografi Championship VII

Tim SMANELA dalam Geografi Championship VII - Unnes, beserta guru pembimbing

Tim SMANELA dalam Geografi Championship VII – Unnes, beserta guru pembimbing

Welahan–Tim geografi SMAN 1 Welahan meraih Best Poster pada lomba Geografi Championship VII tingkat nasional yang bertema “Kontribusi Geografi Dalam Menyongsong Era Bonus Demografi di Indonesia Melalui optimalisasi Informasi Geospasial “. Lomba yang diselenggarakan oleh Hima Geografi Unnes ini dilaksanakan di Gedung C7 lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (13/10/18).

SMAN 1 Welahan mengirimkan 2 tim yang masing masing beranggota 4 orang. Adapun tim 1 terdiri atas Hilma, Vika, Rosadi, Hanifah dan tim 2 terdiri atas Mayang, Naela, Afa, Ahmad. Setiap tim mengikuti 4 cabang lomba yaitu geotulis 1 orang, geomedia 1 orang, orienteering 2 orang, sedangkan geoposter diwakili oleh semua peserta. Adapun guru pendamping yang turut serta yaitu Ibu Refita dan Pak Alwi.

Perlombaan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Untuk perlombaan geomedia ada 2 sesi yang harus dijalani peserta. Sesi pertama, mengerjakan soal yang berkaitan dengan citra satelit, peta, dan perhitungan penduduk. Sesi kedua, menganalisis video berkaitan dengan tema kasus ekonomi dan kasus ketenagakerjaan. Untuk lomba geotulis, peserta harus menjawab soal pilihan ganda dengan presentase materi 60% berkaitan dengan tema dan 40% umum. Untuk orienteering, dimulai dari lapangan kemudian keliling desa untuk mencari pos-pos yang sudah ada di peta, sedangkan lokasi yang digunakan untuk orienteering belum diketahui oleh seluruh peserta. Oleh karena itu, mereka diwajibkan untuk membawa kompas. Sedangkan di lomba geoposter, peserta bukan hanya membuat poster tetapi juga deskripsinya, ada ketentuan ukuran, judul, pernyataan asli (bukan plagiat), lampiran logo, dan maskot.

Lomba bukan hanya diikuti oleh sekolah yang ada di Jawa tapi juga seluruh Indonesia, bahkan ada yang dari Bali, Bengkulu , Jambi, dan daerah lainnya. SMAN 1 Welahan menjadi satu-satunya SMA se-Jepara yang mengikuti perlombaan tersebut. Sudah 5 kali berturut – turut Smanela mengikuti lomba Geografi Championship yang diadakan setiap tahunnya.

“Meskipun belum berhasil tetapi saya sangat senang karena bisa mengenal banyak teman, menambah banyak pengalaman, dan banyak pelajaran untuk tahun depan sehingga akan lebih baik dan bisa mendapatkan piala lebih banyak lagi, “ ucap Aisah Mayang Sari. “Dengan belajar dari pengalaman tahun ini, semoga untuk tim dari Smanla bisa lebih baik. Apalagi sekarang ada anak dari kelas 11 yang ikut serta, mungkin tahun depan bisa mengikuti lagi dan mendapatkan piala untuk Smanela di perlombaan berikutnya,” tutur Ibu Refita.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SMAN 1 Welahan on Instagram